Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Gambar/Video

Diposting pada

Pada artikel panduan kali ini, admin akan memberikan bagaimana cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim gambar dan video sehingga masalah tersebut tidak lagi terjadi pada aplikasi tersebut.

Seperti yang kalian tahu, aplikasi Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat dan messaging yang paling banyak digunakan di Indonesia di saat ini, menggantikan kejayaan BBM yang semakin lama sudah semakin ditinggalkan.

whatsapp tidak bisa kirim gambar dan video

Tidak salah apabila Whatsapp bisa menjadi aplikasi paling populer, dikarenakan aplikasi tersebut memiliki banyak fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan bertukar pesan melalui internet.

Cek Juga : Download Whatsapp Mod

Fitur-fitur Whatsapp pun tidak hanya dapat bertukar pesan dalam bentuk kata-kata saja, tetapi juga kemudahan dalam mengirim gambar, video, emoji, stiker, bahkan panggilan telepon, yang semuanya menggunakan kuota data dan bukan pulsa sehingga lebih murah biayanya.

Ini tentunya juga didukung dengan kemudahan dan kecepatan transfer data melalui dunia maya yang semakin ditingkatkan oleh para provider telekomunikasi, yang saat ini semuanya kebanyakan telah menggunakan teknologi 4G yang super cepat.

Penyebab Whatsapp tidak bisa kirim gambar dan video

Namun begitu, seperti layaknya aplikasi digital pada umumnya, tentu aka ada saat di mana aplikasi Whatsapp mengalami kendala, dan salah satunya yang akan dibahas di sini adalah kendala yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa mengirim gambar dan video serta bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa hal yang menyebabkan kendala tersebut terjadi adalah dikarenakan adanya gangguan pada jaringan internet yang menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil, atau memori perangkat yang sudah terlalu penuh sehingga file gambar dan video tidak bisa tersimpan pada memori.

Cara Mengatasi Whatsapp tidak bisa kirim gambar dan video

Apabila kalian mengalami kesulitan dikarenakan Whatsapp tidak bisa kirim gtambar dan video, berikut ini cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya:

1. Pastikan Koneksi Internet Menyala

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu tidak ada masalah pada koneksi internet kalian, entah itu kuota ataupun menggunakan hotspot yang ada di lokasi.

Cobalah periksakan dengan mengetikkan sembarang pada Google Search atau membuka suatu alamat website guna memastikan koneksi internet menyala atau tidak.

Apabila ternyata bermasalah periksakan jatah kuota kalian atau bagi yang menggunakan hotspot bisa mencoba merestart router atau menelpon provider internet.

2. Cari Lokasi dengan Sinyal yang Kuat

Apabila internet menyala namun koneksi terasa lambat, ada kemungkinan sinyal 4G atau Wifi yang kalian terima masih terlalu lemah sehingga koneksi tidak berjalan lancar.

Cobalah atasi dengan cara berpindah ke lokasi lain, sembari memeriksa kekuatan sinyal pada layar status yang ada di ponsel kalian masing-masing sambil mencoba membuka sembarang alamat website pada browser atau melakukan pencarian pada Google Search.

3. Kosongkan Memori internal HP

Whatsapp menggunakan memori internal HP untuk menyimpan file gambar dan video yang kalian terima ataupun kirim, sehingga akan sangat mungkin untuk memenuhi kapasitas apabila kalian terlalu sering melakukan aktivitas pada aplikasi tersebut.

Karena itulah terkadang file video dan gambar tidak bisa terkirim, karena memori internal HP sudah tidak mampu menampungnya, sehingga kalian perlu mengosongkan dan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, atau memindahkannya ke memory card.

4. Bersihkan Cache Whatsapp dan Cache HP

Selain menggunakan memori internal untuk menyimpan file, Whatsapp juga menggunakannya untuk menyimpan cache alias data sementara yang apabila jarang dibersihkan akan menumpuk seiring waktu.

Cache ini tidak hanya dihasilkan oleh aplikasi Whatsapp saja, tetapi juga oleh aplikasi lainnya sehingga bisa dipastikan memori akan cepat penuh serta kinerja HP akan menjadi terlalu berat.

Untuk menghapus cache Whatsapp, kalian bisa menghapus chat-chat yang tidak diperlukan, baik itu chat dengan kontak ataupun grup, terutama pada grup yang aktif.

Sementara untuk menghapus cache HP, kalian bisa pergi ke menu pengaturan> pemeliharaan perangkat > optimalkan sekarang atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

5. Periksa Izin Aplikasi

Kalian juga perlu memastikan aplikasi Whatsapp diizinkan untuk mengakses file gambar dan video, yang bisa kalian lakukan dengan cara pergi ke menu pengaturan> aplikasi > whatsapp > izin > aktifkan kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan, sms dan telepon.

6. Atur APN dan juga Zona Waktu

Penggunaan APN custom dan atau zona waktu yang tidak sesuai juga dapat memmpengaruhi kemampuan Whatsapp dalam mengirimkan file gambar dan video.

Untuk memreset APN ke pengaturan bawaan, pergi ke menu pengaturan>koneksi>jaringan seluler>nama poin akses (APN) kemudian tekan menu 3 titik di kanan atas lalu pilih Reset ke default.

Sementara untuk mengubah zona waktu caranya adalah dengan cara pergi ke menu pengaturan>manajemen umum>tanggal dan waktu kemudian aktifkan tanggal dan waktu otomatis.

7. Install Ulang

Solusi terakhir adalah dengan cara menginstall ulang Whatsapp yang bisa kalian lakukan dengan cara uninstall aplikasi Whatsapp terlebih dahulu kemudian unduh dan install kembali melalui Playstore.

Demikianlah beberapa cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim gambar dan video yang bisa kalian coba. Semoga panduan yang admin berikan kali ini bisa membantu.

Gambar Gravatar
Seorang Mahasiswa Teknologi Informasi di salah satu Perguruan Tinggi di Purwokerto dan Menekuni Blogger dan Footballers...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *