Dalam Memilih Nama Brand Perusahaan, Perhatikan 5 Hal Ini!

Diposting pada

Memilih nama brand yang akan dijadikan sebuah nama merek dari produk ataupun brand perusahaan tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan, karena berbeda seperti dengan kita misalnya mencari nama bayi perempuan, kita bisa bebas mau memberi nama apa, beda dengan saat kita ingin mencari nama brand pada bisnis, karena seperti yang kita tahu, nama brand perusahaan ada kaitannya dengan hak paten, jadi misalkan nama brand Nike, maka anda tidak mungkin lagi membuat nama Nike sebagai nama brand perusahaan anda.

Nah untuk memilih nama brand perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan, nama brand juga akan memnjadi identitas dari perusahaan atau bisnis anda, jadi memang harus benar-benar dipertimbangkan pemilihan namanya.

Pastikan Nama Brand Belum digunakan

Jika ada nama brand yang sudah diberi hak paten, maka ada unsur hukumnya di dalamnya, dan anda tidak boleh menggunakan nama tersebut untuk brand anda sendiri, maka dari itu carilah nama yang memang belum pernah digunakan oleh brand apapun itu, anda bisa memanfaatkan google untuk melakukan hal ini, silakan search saja sesuai nama brand yang anda pikirkan untuk perusahaan, lalu cari, apakah sudah ada yang pernah menggunakan?

Memilih Nama yang Unik dan Singkat

Mari kita tilik beberapa brand perusahaan terkenal di dunia, sebut saja Nike, Adidas, Asus, Acer, Samsung, dan lain sebagainya. Coba perhatikan, ya! Nama brand terkenal dunia tersebut semuanya singkat, dan unik pastinya. Hampir atau bahkan tidak ada nama brand perusahaan yang namanya susah dilafalkan, bahkan susah diingat.

Karena dalam memilih nama brand, salah satu yang penting yaitu apakah nama tersebut mudah diingat? Dengan brand yang mudah diingat, itu akan membuat orang lain juga mudah dalam mengingat tentang perusahaan atau bisnis anda.

Arti Nama Brand Memiliki Makna Positif

Banyak orang percaya bahwasanya nama adalah doa, begitu juga dalam menentukan nama dari sebuah brand perusahaan atau bisnis, nama yang ada harus memiliki makna atau arti dalam hal positif sebagai doa agar perusahaan dan bisnis bisa berjalan sebagaimana mestinya, karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau nama brand adalah identitas, jika dari identitas saja sudah artinya jelek, bagaimana kedepannya?

Nama Brand menjadi Cerminan dari Produk atau Perusahaan

Contohnya anda akan membangun bisnis fashion pria, maka tidak mungkin nama brand dari produk anda adalah sebuah nama yang identik dengan perempuan, tidak hanya itu, bahkan font yang dipakai untuk penulisan nama brand juga harus benar-benar sesuai.

Coba anda lihat font atau tulisan dari Toko alat-alat bangunan misalnya, pasti semuanya yang akan anda lihat, tulisannya sifatnya kokoh, tidak ada yang tulisannya dibuat melengkung-melengkung seperti pada brand fashion dan lainnya, hal itu karena nama tulisan mencerminkan produk.

Nama Tidak Terlalu Panjang

Sebuah nama brand perusahaan atau brand produk yang bagus bukan hanya memiliki arti baik, tapi juga harus mudah untuk diingat banyak orang, maka salah satu caranya selain memastikan nama brand mudah diingat, nama brand juga harus pendek, paling tidak usahakan namanya tidak terlalu panjang, yang akhirnya membuat orang susah untuk mengingat nama brand anda, hal ini berkaitan dengan brand awareness juga, buatlah nama brand perusahaan atau bisnis anda yang simpel, unik, penuh arti positif dan tidak terlalu panjang.

Itulah beberapa tips dalam memilih dan mencari nama brand untuk suatu perusahaan, bisnis ataupun brand dari produk yang dibuat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *