Mengenal Jabatan General Manager dan Tugasnya di Perusahaan

Diposting pada
general manager adalah

Dalam struktur organisasi di sebuah perusahaan tentunya terdapat banyak posisi atau jabatan dimana masing-masing pemilik jabatan memiliki tugas, fungsi, tanggung jawab, dan wewenang tersendiri.

Salah satu jabatan yang paling dikenal khalayak umum yaitu Manager. Perlu digarisbawahi, Manager sendiri masih terbagi menjadi beberapa posisi yang mana puncak dari posisi atau jabatan ini yaitu General Manager.

Catatan: Ada banyak sekali jabatan dalam perusahaan apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan skala besar, maka dari itu untuk menjelaskannya, admin tidak akan mengulas lengkap semua jabatan yang ada di perusahaan, disini admin akan fokus membahas mengenai seorang General Manager.

Untuk lebih dalam lagi mengenai pejabat di perusahaan seperti Direktur, Dewan Direksi, CEO, Founder/Co-Founder dan lainnya, akan admin bahas di post terpisah saja.

Bedanya Manager dan General Manager

perbedaan manager dan general manager adalah

Ilustrasinya seperti di bawah ini.

General Manager = Kepala dari beberapa Manager di perusahaan.

  • -> Manager Keuangan
  • -> Manager Pemasaran
  • -> Manager Operation
  • -> Dan lainnya

Manager keuangan, pemasaran, operation, dan lainnya disebut sebagai first line manager dimana masing-masing first line manager tidak membawahi manager lain alias berdiri sendiri dan semuanya merupakan bawahan dari General Manager.

Jadi, jika anda merupakan seorang Manager Pemasaran misalnya, anda tidak akan mengurusi manager keuangan, dan sebaliknya.

Meskipun GM (General Manager) disebut sebagai puncak dari jabatan Manager, sebenarnya ada lagi jabatan di atas GM yaitu TOP Manager namun, Top Manager ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan Direktur Utama (Bahasa Indonesia) atau CEO (Bahasa Inggris) <- sumber glints dan kompas.

Pengertian General Manager dan Apa saja Tugasnya

tugas general manager

General Manager adalah manager yang mengepalai beberapa ataupun seluruh manager fungsional (first line manager) di dalam suatu perusahaan dan bertanggung jawab kepada seluruh fungsional dalam perusahaan.

GM mempunyai tugas yaitu mengatur serta memimpin setiap operasional pada perusahaan sesuai dengan visi misi dari perusahaan itu sendiri. Posisi GM bisa dibilang posisi atau jabatan dengan tugas terbesar karena membawahi banyak jabatan sehingga banyak kebijakan dan keputusan yang harus diambil untuk kemudian dipertanggung jawabkan ke CEO, berikut ini tugas general manager.

  1. Menghadiri pertemuan, seminar, dan konferensi yang diwajibkan perusaahaan.
  2. Merencanakan strategi kemajuan perusaahaan untuk jangka menengah dan panjang.
  3. Membuat SOP bagi karyawan.
  4. Membuat kebijakan perusahaan dan memastikan strategi sudah diaplikasikan oleh departement.
  5. Mengontrol pengelolaan operasional, memimpin perusahaan, mempertahankan kualitas layanan dari perusahaan.
  6. Menciptakan proses atau keputusan yang menguntungkan perusahaan secara efektif dan efisien.
  7. Membangun citra baik perusahaan dalam internal maupun eksternal.

Kesimpulan:

gaji general manager

Perlu diketahui, sebenarnya untuk struktur organisasi dalam perusahaan itu tergantung perusahaan itu sendiri, untuk perusahaan skala kecil contohnya, biasanya General Manager itu bisa juga merangkap sebagai Direktur/Owner alias pemilik jabatan tertinggi di perusahaan.

Namun untuk perusahaan skala besar, GM tentu masih berada di bawah Direktur Utama/CEO, Dewan Direksi, dan lainnya.

Mungkin ada yang bertanya, dengan tugas sebesar itu, berapa gaji general manager? soal ini, tentu setiap perusahaan berbeda, yang jelas gaji seorang Manager Biasa saja sudah lebih dari 10 Juta, maka jika General Manager tentu memiliki Gaji yang lebih tinggi dari seorang Manager Biasa (first line manager).

Berkaitan dengan pekerjaan, yuk simak daftar info gaji di beberapa perusahaan ternama di Indonesia berikut ini:

Bagaimana, tertarik menjadi General Manager? hehehe pastinya dong! tapi harus ingat bahwa GM bukan posisi yang mudah sehingga kalian harus siap dan bisa memiliki kemampuan yang harus dimiliki General Manager.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *