Cara Termudah Screenshot Samsung Note 20 Ultra dan Note 20

Diposting pada
cara screenshot samsung note 20 ultra dan note 20

Ada beberapa cara untuk melakukan screenshot dengan mudah di samsung note 20 maupun note 20 ultra seperti menggunakan kombinasi tombol, menggunakan fitur palm swipe, dan yang berbeda dari tipe HP Samsung yang satu ini yaitu adanya S Pen yang juga bisa untuk screenshot dengan cepat.

Seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, sekarang ini samsung Note 20 ultra dan Note 20 juga bisa untuk screenshot panjang. Mungkin masih jarang yang tahu kalau ternyata di HP Samsung ini bisa untuk SS Panjang karena secara default fitur ini memang belum aktif, jadi untuk menggunakannya kalian perlu mengaktifkannya dulu.

Screenshot dengan Tombol

Bukankah lebih simpel SS pakai fitur palm swipe yang tinggal usap layar saja? iya memang, tapi di beberapa kondisi kalian perlu menggunakan fitur screenshot dengan tombol seperti misalnya saat kalian ingin screenshot bagian menu status bar pada HP dan beberapa kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk SS dengan usap layar.

Cara screenshot samsung note 20 ultra dan note 20 dengan tombol juga sangat mudah, tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume down pada bagian layar yang ingin kalian screenshot.

Screenshot dengan Palm Swipe

Ini metode screenshot di samsung yang paling mudah, simpel, dan praktis. Kalian cukup mengusap tangan dari arah kanan ke kiri pada layar atau sebaliknya (posisikan tangan kalian seperti saat hormat kemudian usapkan pada layar)

Seperti ini maksudnya:

Jika sudah melakukan ini tapi tetap belum bisa menangkap layar, itu berarti kalian belum mengaktifkan fitur palm swipe.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur screenshot pakai usap jari di samsung note 20 dan ultra.

  1. Buka menu pengaturan atau setelan HP Samsung.
  2. Cari menu advanced features.
  3. Kemudian pilih menu motions and gestures.
  4. Aktifkan pada keterangan palm swipes agar fitur aktif.

Screenshot dengan S Pen

Kalau ini bisa dibilang cara screenshot terbaik di samsung note 20 ultra/note 20 karena kalian bisa memilih 3 opsi yaitu rectangle screenshot, circle screenshot, maupun free draw.

Dari nama opsinya kalian sudah paham lah ya, apa bedanya? Ya, kalau kita melakukan screenshot biasa maka gambar SS yang dihasilkan sesuai dengan tampilan layar HP, persis banget.

Nah kalau pakai S Pen kalian bisa memilih mode free draw misalnya, yang membuat kalian bisa melakukan screenshot secara bebas sesuai yang kalian seleksi di tampilan layarnya.

Berikut ini langkah-langkah screenshot samsung dengan S Pen.

  1. Lepaskan S Pen dari slot kemudian kalian akan mendapati micon S Pen
  2. Klik icon tersebut dan akan muncul menu pilihan.
  3. Untuk screenshot silakan pilih smart select.
  4. Kemudian pilih mode Screenshot seperti rectangle, circle, free draw.
  5. Kemudian lakukan screenshot dengan memilih area tampilan yang akan di screenshot dengan S Pen.

Screenshot dengan Panel Tepi Layar

Sama seperti palm swipe, fitur screenshot dengan memanfaatkan panel tepi layar merupakan yang termudah. Coba perhatikan layar HP kalian pada bagian samping atas (di sebelah tombol volume). Itu ada garis kan? nah silakan usapkan icon garis itu dari arah kanan ke kiri.

Disitu kalian bisa mengatur apa saja menu yang tampil di panel tepi layar dimana kalian bisa memasukan icon/menu screenshot.

Jadi nanti untuk menggunakannya kalian cukup buka menu panel tepi layar kemudian pilih screenshot. Panel ini sangat berguna karena bukan hanya screenshot, kalian bisa memasukan menu-menu yang dirasa sering kalian pakai untuk dimasukan kesitu sehingga untuk membukanya tidak repot cari-cari menunya.

Screenshot Panjang

Nah sebagai tambahan, bagaimana cara melakukan screenshot tapi SS Panjang? gampang kok, tinggal lakukan screenshot seperti biasa kemudian saat gambar sudah berhasil tertangkap kan akan muncul previewnya tuh? kemudian lihat icon 2 tanda panah ke bawah di bagian kiri sendiri hasil /preview screenshot, tinggal klik icon itu saja.

Maksudnya tombol yang ini:

screenshot panjang samsung note 20 ultra

Oke itulah beberapa cara melakukan screenshot di HP Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 ultra, pakai metode yang mana tentu itu tergantung selera ya, kalau saya pribadi sih lebih suka pakai fitur panel tepi layar karena kalau pakai palm swipe, iya sih mudah tapi agak gimana gitu, posisi tangannya terlalu berlebihan sih hehehe (heran kenapa samsung gak pake mode 3 jari aja sih untuk screenshot dengan usap layar, kayak smartphone android lainnya hehe).

Artikel lainnya tentang HP Samsung:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *