Cara Mudah Screenshot Biasa/Panjang di Samsung A50 dan A50S

Diposting pada
cara screenshot di samsung a50 dan a50s

Untuk cara screenshot samsung A50 dan A50S caranya tidaklah sulit, bisa dibilang hampir sama atau mungkin sama dengan HP Samsung seri lainnya, kalaupun ada perbedaan ya paling beda nama menu di pengaturan saja.

Kali ini admin akan membagikan tutorial bagaimana cara melakukan screenshot baik tanpa tombol maupun dengan tombol, keduanya penting untuk diketahui karena di beberapa kondisi kita tidak memungkinkan untuk mengambil SS Tanpa tombol.

Contohnya ketika kita mau SS bagian status bar/notification bar, itu kan tidak mungkin bisa kita SS kalau tanpa tombol kan? Karena kalau screenshot bagian status bar dengan mengusap jari ke layar maka otomatis status /notification bar akan menutup sebelum tertangkap layar, dan di beberapa kondisi lain.

screenshot panjang samsung a50
ini status bar.

Memang terdengar sederhana, namun faktanya saat ini banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk screenshot terutama pengguna baru, hehehe.

Screenshot Samsung A50 dan A50S Tanpa Tombol (SS Biasa)

SS Biasa maksudnya itu BUKAN screenshot panjang, kalau untuk SS Panjang itu ada pengaturan yang harus kita aktifkan, untuk tutorialnya ada di bawah nanti admin jelaskan ya.

Untuk SS biasa, kalian bisa menggunakan fitur palm swipe, artinya, kalian cukup mengusapkan jari di layar secara horizontal (dari samping kanan ke samping kiri atau sebaliknya).

Mungkin ada yang tanya kenapa samsung A50 tidak bisa screenshot dengan fitur ini? bisa jadi kalian belum mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan fitur screenshot Samsung A50S dan A50.

  1. Buka menu pengaturan HP samsung kalian.
  2. Pilih menu fitur lanjutan atau pengaturan tambahan.
  3. Pilih menu motion and gestures.
  4. Aktifkan keteragan palm swipe to capture.

Selain dengan cara di atas, kalian bisa juga memanfaatkan fitur assistant di samsung untuk mengambil screenshot.

Fitur assistant ini kayak menu cepat gitu lho, jadi bakal ada tombol yang melayang di bagian bawah layar HP kalian dan jika tombol ini di klik akan muncul beberapa pilihan seperti screenshot salah satunya.

Untuk mengaktifkan fitur ini kalian tinggal mengaktifkannya di:

Setting >> Accessibility >> Interaction and dexterity >> Assistant menu.

cara screenshot samsung a50 dan a50s dengan asisten menu

Kemudian kalian bisa ngambil Screenshot dari pilihan menu screenshot yang ada di tombol assistant yang muncul.

cara screenshot samsung a50s dengan asisten menu

Screenshot Samsung A50S dan A50 dengan Tombol

Terkadang kita juga perlu melakukan screenshot dengan tombol di kondisi tertentu, inilah kenapa hampir semua smartphone android masih menyertakan fitur SS pakai tombol karena memang masih berguna.

Untuk SS dengan tombol di Samsung A50 caranya juga mudah banget, Kalian cukup menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan (tekan dan tahan sebentar) sampai layar berhasil tertangkap, cara kerjanya sama saja dimana jika sudah tertangkap maka akan otomatis hasil screenshot tersimpan ke galeri HP kalian.

Screenshot Panjang Samsung A50 dan A50S

Agar bisa melakukan screenshot panjang di samsung A50 dan A50S kalian perlu mengaktifkan fiturnya dulu.

  1. Buka menu pengaturan atau setelan HP Samsung.
  2. Cari dan pilih menu pengaturan advanced features.
  3. Aktifkan pilihan smart capture.
  4. Fitur SS Panjang sudah berhasil diaktifkan.

Untuk menggunakannya cukup lakukan SS biasa baik pakai tombol maupun tanpa tombol, nanti akan muncul icon untuk SS Panjang di bagian bawah hasil screenshotan. Jika fitur smart capture belum aktif maka icon SS Panjang (icon tanda panah ke bawah) tidak akan tampil.

Bagaimana? mudah sekali bukan! begitulah cara screenshot samsung A50/A50S dengan beberapa cara mulai dari tanpa tombol, dengan tombol, dengan fitur assistant baik untuk SS biasa maupun screenshot panjang.

Artikel lainnya terkait HP Samsung:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *