Reset Samsung J2 Prime

Diposting pada

Untuk melakukan reset HP Samsung J2 Prime bisa menggunakan 2 cara yaitu menggunakan fitur reset setelan pabrik (factory reset) di menu pengaturan dan bisa juga melalui mode recovery, keduanya sangat mudah dilakukan.

Apa bedanya dari kedua cara tersebut? Sebenarnya sama saja, intinya untuk reset HP agar bisa kembali ke pengaturan pabrik alias HP bisa menjadi seperti semula saat pertama kali beli sehingga jika ada error pada HP, error tersebut juga akan hilang.

Lalu sebaiknya pakai cara yang mana? Tergantung kondisi, jika kalian masih bisa masuk ke menu pengaturan maka kalian bisa reset langsung dari situ, namun jika kondisinya tidak bisa masuk ke sistem karena lupa pola, sandi, password, PIN, email ataupun karena error lain seperti bootloop, maka kalian wajib memakai cara 2 (melalui mode recovery).

cara reset samsung J2 Prime

Catatan: Sebelum mereset Samsung J2 Prime pastikan data-data penting seperti dokumen, gambar, video, data login ke akun-akun yang tertaut HP sudah kalian backup terlebih dahulu karena jika kita reset HP maka otomatis data juga akan hilang.

Reset Melalui Menu Pengaturan

Untuk cara mengembalikan HP Samsung J2 Prime menjadi seperti semula dengan reset pabrik via menu settings, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu settings atau setelan HP.
  2. Cari dan pilih menu tentang ponsel.
  3. Klik menu reset yang ada di bagian paling bawah.
  4. Pilih dan klik reset data pabrik/factory reset.
cara factory reset samsung j2 prime
  1. Kemudian pilih menu setel ulang perangkat.
  2. Klik hapus semua dan tunggu sampai proses factory reset selesai.

Jika sudah selesai otomatis HP akan restart, silakan tunggu dan periksa apakah HP sudah bisa normal kembali?. Tentunya setelah itu yang harus kalian lakukan adalah setup aplikasi dan kebutuhan lainnya karena seperti yang admin katakan di atas, dengan mereset HP maka kita seperti mengembalikan kondisi HP ke saat pertama kali kita beli baru.

Sumber: samsung.com

Reset Melalui Mode Recovery

Nah jika kasusnya kalian ingin mereset HP tapi tidak bisa masuk ke sistem atau ke homescreen HP, maka satu-satunya cara yaitu dengan memanfaatkan mode recovery samsung J2 Prime.

Sebelum melakukan reset pastikan baterai sudah cukup untuk jaga-jaga agar saat proses reset HP tidak mati sendiri, jadi jangan reset pas sisa baterai cuma 2% ya, hehehe.

Oke langsung saja berikut ini langkah-langkah reset samsung J2 Prime lewat mode recovery.

  1. Matikan HP dan nyalakan dengan menekan tombol Home+Power+Volume Atas secara bersamaan.

PENTING! Setelah logo samsung muncul, segera lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol Home+Volume atas. Lalu jika logo android sudah muncul silakan lepaskan semua tombol.

  1. Nantinya HP akan menampilkan beberapa menu yang ada di mode recovery, pilih menu wipe data/factory reset.

Note: Untuk mengarahkan ke menu itu gunakan tombol Volume Down untuk turun dan Volume UP untuk naik.

  1. Jika sudah sampai di menu yang dipilih, klik tombol Power (ini fungsinya kayak tombol enter gitu, artinya untuk memilih menu).
  1. Setelah proses reset selesai lakukan reboot system.

Setelah reboot maka kalian sudah bisa menggunakan HP samsung J2 Prime secara normal tinggal lakukan pengaturan awal pada HP seperti setting akun google, install aplikasi, dan pengaturan lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai tutorial reset via mode recovery kalian bisa tonton video ini.

Bagaimana, mudah bukan? cara reset samsung J2 Prime di atas bisa kalian manfaatkan bukan hanya untuk mengatasi masalah seperti tidak bisa login karena lupa password dan lainnya, bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah pada HP seperti saat HP sudah lemot, bootloop, mengalami error seperti aplikasi sering menutup sendiri, dan lain sebagainya.

Artikel lainnya terkait HP Samsung:

Software flashing HP terkenal => Download miracle thunder tanpa box.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *