Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Hangus atau Mati

Diposting pada

Ada beberapa penyebab kenapa mengalami kartu indosat yang sudah hangus atau mati, bisa jadi karena lupa memperpanjang masa aktif dimana jika masa tenggang kartu indosat habis dan melewati batas tentu akan diblokir ataupun karena memang nomor yang sudah lama tidak digunakan sehingga otomatis kartu indosat juga akan terblokir dan tidak bisa digunakan lagi.

Nah lalu bagaimana kalau saja kita ingin memakai nomor tersebut karena memang sangat penting untuk berkomunikasi dengan kontak kita? Tenang saja, kali ini admin akan share langkah cara mengaktifkan kartu Indosat IM3 yang sudah hangus.

cara mengaktifkan kartu indosat hangus
cara mengaktifkan kartu indosat hangus

Simak Juga :

Bukan hanya nomor lama, banyak juga kartu perdana IM3 yang expired dan di blokir oleh pihak provider terutama setelah ada peraturan baru dimana setiap pengguna kartu prabayar WAJIB melakukan registrasi ulang nomor dengan NIK dan KK.

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang sudah kadaluarsa dan hilang (mati)

Intinya sama saja caranya, baik itu karena masa aktif habis, rusak, hilang, di unpair atau hal lain.

Catatan! Sebenarnya indosat sendiri memberi keringanan dimana walau nomor sudah melewati masa aktif, masih bisa diperpanjang hanya dengan isi ulang pulsa saja, dengan syarat melewati atau habis masa tenggang belum lebih dari 3 hari, namun kalau sudah lebih dari itu anda harus melakukan cara dibawah:

mengaktifkan kartu indosat hangus ke gerai
  1. Datang ke service center resmi indosat yang terdekat di lokasi anda.
  2. Jangan lupa bawa kartu identitas berupa KTP dan juga kartu lama yang ingin di aktifkan lagi tentunya.
  3. Note : Data identitas ditujukan untuk memastikan apakah data tersebut sesuai dengan data yang di registrasikan di KARTU SIM atau tidak, jika tidak, maka akan cukup sulit untuk mengaktifkan lagi.
  4. Silakan menuju ke CS gerai tersebut, Nantinya anda akan diberi form pengisian data pribadi, isikan sebenar benarnya.
  5. Setelah itu biasanya akan di proses oleh CS Gerai Indosat, anda bisa tinggal dan balik lagi sampai waktu yang di tentukan, biasanya beberapa hari kemudian.
  6. Silakan datang lagi ke gerai dan menanyakan apakah berhasil mengaktifkan kartu indosat IM3 yang hangus?.

Simak Juga Yuk : Cara Mengembalikan pulsa Indosat yang kesedot paket yellow.

*Apakah bisa tanpa harus datang ke service center Indosat?

Tidak bisa, kecuali kalau kartu indosat anda hangus karena belum registrasi ulang dengan NIK dan KK, kalau kasusnya karena ini sih cukup registrasi saja ke 4444, langsung beres. Namun jika kartu hangus karena akibat habis masa tenggang, rusak ataupun hilang, ya wajib datang.

Perlu di ketahu, TIDAK SEMUA NOMOR bisa di aktifkan lagi, menurut CS nya sendiri, ada yang bisa ada juga yang tidak dan admin belum tahu pasti apa yang membuat kartu tidak bisa dan bisa di aktifkan lagi.

Untuk biaya nya sendiri nanti anda akan dikenakan sebesar 35 Ribuan dimana yang 10 Ribu adalah biaya administrasi dan 25000 adalah biaya wajib untuk anda isi ulang pulsa di nomor baru indosat anda di gerai tersebut

Ciri Ciri Kartu Indosat IM3 Hangus dan diblokir

Berikut ini beberapa ciri apakah kartu indosat ooredoo anda benar benar hangus, diantara lain:

  • Muncul keterangan nomor tidak dikenal.
  • Tidak bisa memanggil kode UMB karena muncul kode MMI Tidak berlaku.
  • Muncul pengalihan panggilan bersyarat aktif saat menelpon.
  • SMS Tidak pernah terkirim meskipun sisa pulsa masih ada bahkan SMS ke indosat juga tidak bisa.
  • No internet access.
  • Data internet tidak menyala.
  • SIM Card tidak terdeteksi saat ponsel di nyalakan.

Apabil kartu indosat anda mengalami satu atau beberapa kejadian yang sama seperti ciri diatas, bisa dipastikan kalau memang kartu Indosat sudah hangus. Nah untuk mengaktifkan kembali caranya yakni:.

Cara Memperpanjang Masa Aktif/Tenggang Indosat ooredoo

Sekadar informasi tambahan saja, supaya tidak kejadian lagi, ada baiknya anda mengetahui dengan jelas masa aktif indosat berapa hari? Nah untuk hal ini tentu berbeda, silakan lakukan cek masa tenggang saja rutin di *123#. Untuk antisipasi, anda harus sering juga menambah masa aktifnya dengan rutin melakukan isi ulang pulsa reguler.

Selain itu, bisa juga dengan cara mengetkan SMS dengan format Aktif30 lalu kirim ke 555 untuk perpanjang selama 1 bulan dengan biaya 10 Ribu.

Jika masih ada pertanyaan lain seputar pembahasan admin diatas mengenai cara mengembalikan kartu indosat yang sudah mati , anda bisa menanyakannya via kolom komentar dibawah ini, yuk diskusi!.

Catatan Tambahan! : Terkadang tidak semua gerai bisa melayani anda dengan baik, faktanya di beberapa provider lain seperti Telkomsel yakni grapari, kadang justru malah disuruh ganti kartu saja atau upgrade ke pascabayar meskipun ada juga yang tetap bisa mengaktifkan lagi juga sih, semoga tidak ada pengguna indosat yang mengalami hal tersebut ya.

Gambar Gravatar
Seorang Mahasiswa Teknologi Informasi di salah satu Perguruan Tinggi di Purwokerto dan Menekuni Blogger dan Footballers...

53 thoughts on “Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Hangus atau Mati

      1. Kartu hrus jd pascabayar n bayar dimuka 500rb atau beli hp dngn include sudah ada pascabayarny. Kan ribet ini cm mau aktifain kartu lg di persulit mana lg bokek.

      2. Terimskasih infonya. Tdnya sy pikir bs aktifkan via sms. Namun srlh mwmbaca penjelasannya trnyta sm dgn kartu yg hilang, yakni ttp hrs dtg ke gerainya.
        Kasus sy, dulu kartu tdk sy pakai krn hp error. Dan sy diamkan sj. Namun stkh bebweapq minggu mau cb sy pakai tdk bisa. Padahal menurut sy pulsa msh ada.
        Tp sy bingung krn disitu blm ada ktrangan knp kartu sy tdk bs pakai. Nah stlh sekian.bulan sy cb isi pulsa, tp ketuka hp sy buka mau cek pulsa, muncul perintah MEMASUKKAN KARTU SIM. Nah dari situ sy berfikiir mkn kartu terblokir atau hangus.

        Setelah sy membaca penjelasan Zen Sonny, br sy yakin bahwa sy mmg hrs datang le gerainya. Menggingat kartu SIM sy sdh sy pakai puluhan tahun, sy khawatir sahabat atau saudara ada yg menghubungi lwt kartu tsb.

        Terimakasih Zen …..

  1. Pagi..saya mau tanya mba / mas, apakah bisa no M3 diaktifkan kembali bila sdh tdk aktif.
    Dimana kartu m3 sdh tdk bisa u/ balas TLP /SMS. Tp kalau menerima SMS msh bisa. Mohon masukannya. Terima kasih.

  2. Kak, saya mau tanya ? Nmer indosat saya masih ada sinyal indosat oredo..tapi gak bisa dibuat nelpon ,kalo dibuat nelpon tulisannya panggilan dihalangi..ga bisa sms dan nerima sms juga..ini kenapa ya ? Apa sudah terblokir

    1. kemungkinan besar sudah terblokir, kalau belum di registrasi ulang pakai NIK dan KK, registrasi dulu. Saya pernah juga begitu, setelah registrasi ulang nomor bisa digunakan lagi.

  3. Saya kemarin sudah datang k galeri indosat Katanya harus ganti pascsbayar sekitar 600 rb, tp saya baca” pengalaman orang d blog ada yg bisa prabayar seperti pengalaman mas. Bagaimana mengatasi ini ya? Mohon infonya

    1. semuanya tergantung gerai indosat yang di datangi mbak+alasan kartu nya hangus apa dulu? Kalau misal kartu hilang dan hangus karena masa aktif dan belum lama, harusnya sih bisa lah ke prabayar. Emang kartu indosat mbaknya hangus kenapa dulu nih?

  4. Enak bisa aktif dan tidak dipersulit. Saya kemarin tanya harus ganti pascabayar. Gimana yaa biar bisa aktif tp prabayar. Krn banyak saya temukan blog seperti mas bisa aktif dgn prabayar. Mohon infonya

    1. duh emang iya sih mbak, kadang ada gerai yang malah nyuruh ke pascabayar, tapi ada juga yang bisa kok aktif lagi tp ke prabayar, kalau nomor mbaknya hilang misalnya, atau hangus belum 2 bulan, harusnya masih bisa diaktifkan ke prabayar…

      btw kartunya hangus kenapa ya?

      1. Mas tadi saya ke Indosat solo … Saya mau mintak tolong disana biar di aktif kan malahan di suruh ke pascabayar… Mohon info biar bisa ke prabayarnya

  5. Mau tanya dong. Kartu aku hangus krn lupa isi pulsa tanggal 7-11-2018 sekitar tgl 10-11-2018 saya datang ke gerai Indosat. Katanya kalau mau aktifkan lagi nunggu 1 bulan terblokir. Saya di suruh dtg lg tgl 7-12-2018. Apakah sim card saya bisa di aktifkan kembali? Tku

  6. Kartu indosat saya hangus dh hampir 2 bulan apa bisa di aktifkan kembali. ..?!minta tolong dong. ..soalnya nomor penting dh di daftarkan di komunitas tertentu

  7. Kartu indosat saya sdh mati sdh 6 bln bisa aktif lg gak ya min karena saya sdh ke gerai CS bilang sdh tdk bisa lagi .. apa mungkin masih bisa lg ya enimbang no itu sdh saya pakai 8 th

  8. kartu saya habis masa tenggangnya kemungkinan 2 atau 3 hari yg lalu. dan jaringannya sudah hilang. apakah masih bisa dengan isi pulsa saja mas ?

  9. Aslmkm.. Admin yg baik.. Kok saya disuruh up ke pasca bayar min … Katanya pra baya gk bisa… Gmna min pdhl pengenya prabayar.. Akhirnya sangat terpaksa ganti kartu deh… Tp klo masih ada solusi kasih tau dong gmn

  10. Mau nanya kak nomor im3 saya baru kemarin hangus sinyalnya udah gk muncul kalo ditelfon atau sms gak bisa masuk kak..terus tadi langsung k gerai indosat katanya suruh ganti ke pascabayar..apakah memang harus pascabayar? Udah gk bisa lagi pra bayar?
    Terimakasih

    1. Wah kalau dari gerainya udah bilang seperti itu ya berarti sudah tidak bisa lagi gan..emang aneh sih, kadang bisa kadang enggak…kayaknya sekarang reaktivasi hanya untuk yang kartunya hilang x..Terima kasih ๐Ÿ˜€

  11. Pnglamane sdr @Qibtia sm kyk sy..

    Kmrn sinyal tiba2 ilang..
    Trs sy ke gerai Indosat jg disaranin prabayar..
    Pdhl br kmrn g ada sinyalnya..
    Mohon pencerahannya min.. trmksh

    1. hilangnya kenapa gan? Apakah sebelumnya ganti2 APN? Atau bagaimana, kalau sekadar hilang sinyal dan itu baru terjadi, nggak perlu ke gerai gan…bisa diperjelas hilang sinyalnya itu gimana kejadianya?

  12. Kartu indosat saya ada tulisan hanya pangilan darurat itu gimana kemarin tak bawa ke galeri indosat katanya bs tp ak harus beli pulsa 110 rb tiap bulan pulsa kepakai ngk kepakai 1 bln hrs bayar segitu belinya hrs di galeri indosat

    1. Saya kemarin juga kasus seperti ini. lebih 5 hari dari masa tenggang. saat ke gerai yg di Pekalongan, katanya sudah tidak bisa diaktifkan lagi. kalaupun mau diaktifkan kartunya akan berubah menjadi berlangganan 90K perbulan. padahal no penting dan sudah lama dipakai. jadi saya putuskan pulang saja dan ganti dengan provider lain. hehehe

  13. Apakah nomor yang hangus itu tidak bisa sama sekali di aktifkan kembali ya saya sudah coba ke gerai indosat dan jawaban nya tidak bisa padahal nomor nya sangat penting saya pake buat whatsapp dan sekarang whatsapp saya tidak bisa aktif lagi

    1. baru baru ini teman saya ke gerai indosat dan bisa kok, cuma dia kena biaya admin 100k untuk aktivasi kartu indosat yang hangus..mungkin memang tergantung gerai di setiap lokasi itu beda kayaknya.

  14. Kartu saya tlah melewati masa tenggang dan skrng tdk bsa mlakukan pnggilan,dan bagai mna mengaktipkanya kmbali tanpa harus ke gerai,terimakasih

  15. sy dr gallery n CSnya bilang suruh nunggu 2 minggu bisa atau ga.nya, tp jika mmg bisa diaktifkan lg sy hrs upgrade ke pasca bayar. apakah mmg hrs upgrade ya?

  16. kemarin saya ngurus tapi kok di suruh bayar 165rb tp dapat dua kartu katanya nomornya sama (2kartu nomornya sama) tapi kenyataanya beda nomor.yg satu betul no saya tp yg satu beda. nomor yg beda masa aktifnya 1 bulan ada gratis nelfon sama kuota 50 mb (katanya)

  17. Saya cuma nyimak aja karena nomer saya hangus sudah seabad
    Karena jaringan eror awal awal perdana apakah bisa di aktifkan lagi om admin ? Karena jaringan sekarang sudah enak yg M3nya di nomer itu banyak kenangannya

  18. Ini hari ketiga indosat saya mati, pas nyoba ke gerai bisa diaktifkan kembali tapi ke pascabayar itupun pake pengajuan ealaah.. engga bisa tetep prabayar apa ya, lokasi gerai cinere

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *