mempercepat loading website wordpress

7 Tips Mempercepat Loading Website WordPress

Diposting pada

Kecepatan loading Website kini sudah menjadi aspek yang tidak boleh diabaikan oleh para developer website, termasuk website yang dibuat dengan CMS (Content manajemen system) terbaik apalagi kalau bukan WordPress.

Kenapa kecepatan website itu penting? untuk menjawab pertanyaan itu, coba posisikan diri anda sebagai pengakses website, apa yang anda rasakan jika website yang anda akses itu super lemot?

Harusnya anda sudah tahu jawabannya, lebih lanjut lagi, kecepatan website penting untuk kebutuhan SEO (search engine optimization) yang mana sekarang ini salah satu dari sekian banyak faktor SEO yang utama adalah soal kecepatan loading website.

Nah untuk anda pengguna WordPress, ada cukup banyak trik untuk mempercepat loading website agar semain wuzzz-wuzz, yuk simak apa saja triknya.

Menggunakan Hosting Terbaik

Berdasarkan informasi dari website Rifqi Mulyawan, Memilih hosting adalah upaya pertama dan utama dalam mempercepat loading website, percuma jika kita sudah melakukan berbagai optimasi tapi hosting yang dipakai jelek.

Hosting terbaik tidak selalu berarti hosting yang termahal, ada banyak kok hosting bagus yang terjangkau, saat artikel ini ditulis, admin sendiri baru saja membeli hosting VPS VULTR yang harganya hanya $6/Bulan dan sudah mendapatkan paket high frequency (silakan kunjungi website VULTR) untuk lihat detail paket.

$6 menurut saya pribadi cukup murah, dibanding kita beli shared hosting. Kenapa begitu? Selain VPS VULTR, admin juga punya hosting di namecheap paket shared hosting stellar.

Paket itu harganya sekitar kurang dari $3/bulan (bisa jauh lebih murah pas promo dan belinya tahunan) tapi di paket tersebut hanya bisa menampung 3 website saja, dan jika website anda sudah lebih dari 1 tahun, maka wajib juga membeli SSL berbayar.

Kalau dibandingkan VPS Vultr tadi, $6 tentu lebih murah karena fiturnya lebih banyak.

Gunakan Plugin Secukupnya

Kebanyakan pengguna wordpress suka kalap kalau lagi install plugin, rasanya pingin pakai semua plugin demi agar website fiturnya semakin lengkap.

Tentu hal itu boleh, tapi tidak dianjurkan karena bisa membuat lambat loading website. Tidak masalah jika anda memaksakan install banyak plugin jika memang butuh, tapi kalau tidak butuh-butuh amat, mending tidak perlu dipakai deh.

Berapa maksimal plugin yang bisa agar website optimal di wordpress? kalau admin pribadi hanya 9 maksimal 10 plugin lah, kalau masih dibawah 15 menurut admin masih normal sih, tapi kalau sudah 15 ke atas bahkan sampai 30 tentu sudah berlebihan bukan?.

Tips saja, kalau mau beli theme usahakan pastikan themenya sudah bener-bener lengkap fiturnya. Admin pernah beli theme squaretype, keren banget demonya, pas dipasang eh ternyata kita harus install banyak banget plugin tambahan agar tampilan sesuai yang ada di demo, bagi admin pribadi ini menjadi masalah, kecuali kalau hosting anda super power, jadi tidak perlu khawatir dengan pengaruh ke kecepatan loading website.

Selalu Compress Gambar Saat akan Upload

Saya rasa kebanyakan (hampir semua) blogger pasti berasal dari pengguna blogspot dulu, setelah itu baru beralih ke wordpress, ini juga admin alami.

Karena dulunya berawal dari blogspot yang hostingnya gratis dan unlimited, tentu kita tidak ada yang namanya kepikiran compress gambar, wis pokoke upload saja toh hosting gratis, hehehe.

Nah kalau di wordpress, kan kita hostingnya bayar tuh, ada kapasitas dan file gambar yang kita upload juga akan pengaruh ke kecepatan website kita sesuai spesifikasi hosting yang dipakai? Nah alangkah baiknya kita compress selalu gambar yang akan kita gunakan untuk postingan.

Compress gambar gratis bisa melalui website TINYJPG (Ketik di google).

Kalau admin pribadi, biasanya maksimal 100 KB lah, usahakan dibawah 60 KB, kalau 20an KB sih susah ya, kecuali gambar yang diupload gambar type flat design semua, tapi kan nggak mungkin toh? pasti ada gambar realnya.

Gunakan Plugin Cache (WP Rocket)

Plugin cache wp rocket premium ini banyak fungsinya, mulai dari membersihkan cache, optimasi database, lazyload images, minify javascript, CSS, HTML dan lain sebagainya.

Dengan memakai plugin website bakal lebih clean dan akhirnya membuat kecepatan website wordpress meningkat, sama lah seperti misalnya pas kita pakai computer, kalau terlalu banyak file sampah yang menumpuk, lama kelamaan juga akan membuat komputer atau laptop jadi lemot kan?.

tips lainnya:

  • Aktifkan Gzip Compression
  • Disable hotlinking (untuk mencegah gambar web anda digunakan web lain yang bisa mencuri bandwith hosting anda).
  • Memperbaiki link error di website.

Oke itulah beberapa tips mempercepat loading website wordpress, hanya untuk pemula saja sih, masih ada puluhan tips lainnya yang advanced lagi yang berhubungan dengan coding pastinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *